Relasi Kode Kecamatan BPS dengan Kode Wilayah JNE

Saya cari-cari sekian tahun, sampai sekarang belum dapat. Sudah pakai akun corporate JNE juga tidak dapat. Entah bagaimana yang seperti Tokopedia bisa, mungkin mereka bikin sendiri?

Pada sebuah toko online yang saya tangani, sampai kemarin ini di form alamat pengirimannya langsung saya sertakan sebuah kolom untuk search kode JNE yang sekaligus diberi judul “Kecamatan/kabupaten/kota”. Lumayan berfungsi, sudah berjalan selama beberapa tahun terakhir.

Sekarang, toko online tersebut sedang digarap ulang. Salah satu fitur yang ingin ditambahkan adalah opsi untuk menggunakan kurir-kurir lain, dan oleh karenanya kolom search kode JNE tadi jadi dirasakan berpotensi membuat bingung dan rumit. “Label” pada pembagian wilayah JNE tidak mengikuti aturan umum, dan ada yang cukup rentan salah pilih karena nama kecamatan yang sama. Sebagian besar pembeli adalah reseller dropship yang tidak terlalu mengetahui daerah pengiriman.

Pilihan mana yang benar untuk kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, provinsi Jawa Barat? Kalau anda tinggal di sana pasti tahu, tapi yang tidak belum tentu.

Karena itulah, mengingat sudah sekian tahun tidak dapat, saya coba untuk membuat sendiri relasinya. Flow-nya:

  1. Pembeli input alamat, lantas memilih provinsi → kabupaten → kecamatan, dan disimpan sebagai alamat pengiriman.
  2. Pembeli membuka fitur opsi kurir, dan (jika) memilih JNE…
  3. Tabel relasi dibuka. Jika sudah ada data relasi yang terkonfirmasi, langsung ambil kode JNE-nya (dan lanjut tampilkan opsi layanannya).
  4. Jika belum ada data relasi, muncul kolom untuk search kode wilayah JNE, lalu baru lanjut.
  5. Data yang dimasukkan pada kolom #4 akan tampil di sebuah halaman admin, untuk kemudian kami lihat sekilas. Jika benar, kami tandai sebagai terkonfirmasi. Jika salah, kami perbaiki dulu sebelum ditandai.

Halaman admin tersebut bisa dilihat di sini.

Jika anda punya tabel relasi yang sudah lengkap, bagi dong 😐


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *